Arus Listrik AC dan DC

           

7 Manfaat Listrik dalam Kegiatan Sehari-hari, Sumber Energi yang Menopang  Kehidupan | merdeka.com


    Listrik merupakan energi yang dapat disalurkan melalui penghantar berupa kabel, adanya arus listrik dikarenakan muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif. Dalam kehidupan manusia listrik memiliki peran yang sangat penting. Selain digunakan sebagai penerangan listrik juga digunakan sebagai sumber energi untuk tenaga dan hiburan, contohnya saja pemanfaatan energi listrik dalam bidang tenaga adalah motor listrik. Keberadaan listrik yang sangat penting dan fital akhirnya saat ini listrik dikuasai oleh negara melalui perusahaan yang bernama PLN.

Pada umumnya, aliran arus listrik sendiri mengikuti arah aliran muatan positif. Dengan kata lain, arus listrik mengalir dari muatan positif menuju muatan negatif, atau bisa pula diartikan bahwa arus listrik mengalir dari potensial menuju potensial rendah.

Perbedaan Listrik AC DC dan Pengertiannya | ATS Official

   

Arus Listrik DC

    Direct Current (DC) atau arus listrik searah, merupakan arus listrik yang mengalir dari kutub negatif ke positif, dan hanya terjadi dalam searah saja. Aliran-aliran tersebut, akan menyebabkan adanya lubang dengan muatan positif yang terlihat menuju ke kutub negatif.

    Berdasarkan arah alirannya, arus listrik dibagi menjadi 2 (dua) kategori, yakni arus searah (direct current/DC) dan arus bolak-balik (alternating current/AC).

sumber tegangan arus listrik DC digolongkan menjadi tiga yaitu :

  • Sumber arus listrik primer, seperti baterai (elemen Leclanche), elemen volta, elemen Daniel, dan lain-lain, yang apabila telah tercapai keseimbangan potensial tidak dapat diisi kembali potensial karena terjadi perubahan atau kerusakan satu atau beberapa komponen di dalamnya.
  • Sumber arus listrik sekunder, seperti accumulator (aki), elemen alkaline (energizer) , dan lain-lain, yang apabila telah tercapai keseimbangan potensial dapat diisi kembali potensial dengan cara disetrum listrik.
  • Sumber arus listrik mekanis, seperti genset, dinamo, dan stop kontak dari PLN

    Dalam kehidupan sehari-hari, contoh pemanfaataan arus listrik DC terlihat pada peralatan seperti komputer, laptop, televisi, Lampu LED dan sebagainya.

    Arus listrik DC juga dapat dikemas dalam bentuk Aki atau dapat disebut elemen basah. Aki tersebut dapat digunakan pada kendaraan motor dan mobil yang membutuhkan daya listrik besar, namun tegangannya kecil.

Arus Listrik AC

    Alternating Current atau AC dapat disebut juga sebagai arus listrik bolak-balik. Arus ini biasanya dihasilkan oleh generator yang dapat menghasilkan listrik, namun besar dan arahnya selalu berubah setiap waktu.

    Arus bolak-balik ini akan membentuk sebuah gelombang dengan frekuensi tertentu yang berbentuk sinus. Sehingga banyak juga yang menyebutkan arus listrik AC berbentuk gelombang sinus.Karena selalu mengalir dua arah (bolak balik), adapun sumber tegangan dari arus listrik AC antara lain arus listrik dari PLN, genset, dinamo, dan turbin angin.Contoh penggunaan arus bertipe AC berkaitan erat dengan listrik yang dihasilkan PLN. Karena pada dasarnya PLN memproduksi arus listrik AC yang menjadi sumber daya pada perangkat elektronik saat ini.

Perbedaan AC dan DC

    Perbedaan arus AC sendiri merupakan jenis arus listrik yang nilainya berubah terhadap satuan waktu atau cenderung tidak stabil. Sedangkan arus DC adalah arus listrik yang nilainya tetap terhadap satuan waktu, sehingga lebih stabil pada penggunaanya.Namun demikian, penggunaan arus AC dan DC dianggap sama pentingnya, hal ini karena setiap arus memiliki kelebihan masing- masing.

Sejarah Arus DC dan AC

    Medan magnet di dekat kawat memicu elektron mengalir satu arah mengikuti kawat karena tertolak oleh kutub negatif dan mengalir atau tertarik menuju kutub positif magnet.Inilah konsep, bagaimana daya DC dalam bentuk baterai diciptakan dan dikenalkan ke dunia oleh Thomas Edison pada tahun 1882.Pada tahun 1882 tersebut, Ia memasang beberapa lampu listrik di jalan-jalan dan rumah-rumah sejauh 1 km di Kota New York.Hal tersebut merupakan sejarah pertama dunia di mana lampu listrik digunakan dalam menerangi jalan-jalan langit malam yang gelap.Perlahan namun pasti, berkat penemuan baru para ilmuwan, arus DC milik Thomas Alva Edison pun akhirnya tergantikan oleh generator bolak-balik (AC).

    Arus AC dipilih karena lebih efisien dan aman ketika mengalirkan listrik dengan jarak jauh seperti kota ke kota.Hal tersebut didukung oleh mampunya arus AC menghantarkan daya yang cukup besar.Arus AC dikenalkan oleh Nikola Tesla pada tahun 1893 yang tak lain merupakan salah satu pekerja di perusahaan milik Thomas A. Edison.Arus DC tidak menggunakan sistem magnetis dan kabel melainkan magnet yang berputar.Ketika magnet mengalir ke satu arah, elektronpun akan bergerak ke arah sebaliknya.Penemuan arus AC oleh Nikola Tesla merupakan batu loncatan bagi berkembangnya sistem listrik sekarang ini.

Lampu tangga sistem dua saklar

Saklar tukar dikenal juga dengan nama saklar hotel, saklar tangga, dan lain lain. Yang dapat kita temui di hotel-hotel atau pun di tangga rumah bertingkat. Dengan sistem kerja,  dua saklar yang posisinya berjauhan dapat menghidupkan dan mematikan satu lampu atau lebih.

Skema Simulator



Video simulator







Komentar

Postingan Populer